Senin, 11 Oktober 2010

NEGERI PORTO

Negeri Porto merupakan salah satu Negeri atau Desa yang terletak di Pulau Saparua, Negeri ini terdiri dari 8 (delapan) Soa atau Uku menurut istilah Maluku Tengah. Kedelapan Soa ini dikelompokan dalam 2 (dua) kelompok, masing-masing Uku Toru (kelompok tiga) dan Uku Rima (kelompok lima)

Kedelapan soa tersebut masing-masing mempunyai kepala soa dengan status tertentu. Soa Nanlohy (LESIRUHU) disebut Soa Raja karena pimpinannya juga diangkat sebagai Raja Negeri. Soa Sahertian (LATARISA), Soa Tetelepta (MUAHATALEA), Soa Polnaya (ULALESI), Soa Wattimury (NAMASINA), Soa Latihamallo (MUAREA), Soa Aponno (LOHINUSA) Kepala Soanya disebut Kepala Soa Akteng karena mereka diangkat dengan Surat Keputusan atau Akte dari Residen. Dengan Surat Keputusan dimaksud, maka dia diberikan wewenang dan tugas mengurus Wijk disamping tugasnya di bidang adat. Selain Soa Raja dan Soa Akteng ada juga Soa yang tidak memimpin Wijk yakni Soa yang mengurus tanah yaitu Soa Berhitu (BEINUSA).

Sebagaimana biasa, semua negeri adat mempunyai Astana (Istana), Balairung (Baileu), Pelabuhan, Perigi Negeri, Lambang/ Bendera dan Batu Pusat Negeri.
Astana Negeri Porto, terletak didepan Baileu yang diberi nama PAILEIMAHU, pada lokasi Astana ini yakni antara Baileu dengan Pantai terdapat Batu Pamali yaitu Batu Pusaat Negeri, Negeri Porto mempunyai pelabuahn bernama NAMALESI yang artinya Pelabuhan Yang Indah dan mempunyai sebuah Perigi Negeri yang bernama LEKAPESI artinya perigi yang airnya untuk mempersatukan. Selain itu Negeri Porto mempunyai Baileu yang bernama HATALEPU yang berpungsi sebagai tempat untuk membicarakan hal-hal besar negeri dan masyarakat. Baileu ini terletak pada Lokasi Astana Paileimahu. Negeri Porto juga mempunyai Lambang/ Bendera dengan warna dasar Hitam, Hijau dan Kuning dengan lukisan gajah putih di tengah.



                                                              Bendera   Porto

                                                                     

                                                                Perigi Negeri Porto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar